Featured Post

Bungalow Murah di Dekat Wisata Kawah Puncak Darajat

Ada beberapa tempat menginap di kawasan wisata waterboom dan kolam renang air panas puncak Darajat Garut, setelah sebelumnya Hotel Murah di...

Thursday, July 26, 2018

Berbagi Info Pendakian Gunung Cukuray

Gunung Cikuray adalah sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung Cikurai mempunyai ketinggian 2.821 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Gede. Gunung ini berada di perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuh Manggung.

Untuk mencapai Cikuray biasanya para pendaki naik kendaraan umum dari Bandung atau dari Tasikmalaya menuju terminal Guntur. Dari sana diteruskan dengan angkutan kota menuju jalur pendakian, (Cikajang, Bayongbong atau Dayeuh Manggung). Ketiga jalur tersebut menawarkan medan yang sangat menarik dengan karakteristik masing-masing. Jalur bayongbong adalah jalur yang paling terjal, tetapi dapat cepat sampai di puncak.

Untuk mencapai puncak Cikuray, umumnya para pendaki mengawali perjalanannya melalui desa Dayeuh Manggung kecamatan Cilawu, Garut. Dibanding dengan jalur Bayongbong atau Cikajang, jalur ini relatif lebih mudah untuk didaki menuju puncak. Dari terminal bus Guntur, Garut, dapat dilanjutkan dengan menggunakan angkot bernomor 06 yang memiliki trayek Garut-Cilawu dengan tarif sekitar Rp. 8.000,-. Lalu turun di Patrol dan kemudian lanjut menuju perkebunan teh Dayeuh Manggung. Dari Patrol, pendaki dapat menyewa jasa ojek dengan tarif sekitar Rp. 20.000.

Dan sampailah kita di pos pemancar. Pos pemancar ini menjadi tempat para pendaki melakukan registrasi ulang. Untuk lamanya perjalanan pendakian sekitar 6-7 jam perjalanan santai, untuk perjalanan turun tidak membutuhkan waktu panjang. Kurang dari 4 jam perjalanan kita sudah sampai di pos pemancar. Sejarah Gunung Cikury oh iya selin itu gunung cikuray juga memiliki sejarah yang cukup unik .

Sepanjang perjalanan pendakian kita akan disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Kita akan melewati perkebunan teh, perkebunan kol dan bukit bukit yang terlihat begitu indah.

Terhampar pemandangan yang indah sekali dari puncak, Gunung Papandayan terlihat jelas dari area ini serta lautan awan yang sangat indah. Selain itu kita juga dapat menikmati pemandangan kota Garut dari ketinggian di area puncak Cikuray. Untuk mendaki gunung Cikuray disarankan pada musim pendakian, khususnya musim kemarau jika ingin menikmati sajian indah di puncak gunung.

Untuk mencapai puncak Cikuray, umumnya para pendaki mengawali perjalanannya melalui desa Dayeuh Manggung kecamatan Cilawu Garut. Dibanding dengan jalur Bayongbong atau Cikajang, jalur ini relatif lebih mudah untuk didaki menuju puncak.

Dari terminal bus Guntu Garut,dapat dilanjutkan dengan menggunakan angkot bernomor 06 yang memiliki trayek Garut-Cilawu dengan tarif sekitar Rp. 8.000,-. Lalu turun di Patrol dan kemudian lanjut menuju perkebunan teh Dayeuh Manggung. Dari Patrol, pendaki dapat menyewa jasa ojek.Atau pendaki bisa menyewa kendaraan bak terbuka dari terminal guntur Garut menuju langsung ke pos pemancar dayeuh manggung.

Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju pos registrasi,disini pendaki melakukan registrasi dengan biaya seikhlasnya.kemudian perjalanan dilanjutkan menuju pos satu,dalam perjalanan ini pendaki disuguhkan pemandangan perkebunan penduduk antara lain kebun teh,kol,sawi dan aneka kebun sayur-sayuran lainnya.

No comments:

Post a Comment