Friday, July 13, 2018

Apa Sih Menariknya Tegal Panjang Gunung Papandayan?

Bandung memang sebuah tempat yang memiliki jutaan tempat wisata yang beragam, mulai dari tempat wisata kuliner, wisata fashion, wisata air terjun, wisata outbond, sampai wisata fotografi. Salah satu tempat wisata fotografi yang paling eksotis di Bandung salah satunya terletak di Tegal Panjang Papandayan Kabupaten Bandung Selatan atau sekitaran Pangalengen Bandung.

Tempat ini memiliki pemandangan yang sangat jarang ditemukan di perkotaan. Lokasi yang memiliki padang rumput seperti ini memang terbilang sangat sulit untuk ditemukan di Bandung. Selain di Tegal Panjang memang ada juga padang rumput savana di daerah CIC Lembang. Namun Tegal Panjang memiliki banyak nilai lebih, karena kamu bisa juga mendirikan Camp di sekitar lokasi Padang Rumput tersebut.

Selain menjadi objek wisata fotografi, bisa sekaligus melakukan kegiatan hiking (mendaki) dan sekalian camping di sekitaran padang rumput sambil menikmati pemandangan dan merasakan sejuknya udara pegunungan, nikmat kan. Sambil nge-camp dan membuat api unggun, sambil mengambil foto. Sekali dayung 2-3 gunung dilampaui.

Nah sekarang adalah informasi untuk mencapai tujuan wisata ini. Sebelumnya perlu disadari terlebih dulu, bahwa kita patut untuk menjaga keindahan alam. Maka dari itu kita jangan merusak jika sudah sampai tempat wisata Bandung ini ya. Seperti yang sudah diceritakan bahwa tempat wisata Bandung yang satu ini kita juga bisa mendirikan Camp, yang artinya kalau kita pulang pergi pasti bakalan menghabiskan banyak tenaga. Jadi untuk mencapai lokasi ini sama dengan kegiatan hiking (naik gunung).

Camp di tengah Padang Rumput Tegal Panjang Papandayan
Untuk mencapai tujuan wisata Bandung yang satu ini akan menghabiskan waktu selama 6 Jam jika kalian berangkat dari tengah kota Bandung. Pertami kamu harus menuju ke daerah Pangalengan Kabupaten Bandung selatan dan melewati perkebunan teh di Jl. Raya Pintu dan melewati gerbang wisata menuju Gunung Papandayan (Kawah). Perlu banyak bertanya kepada warga sekitar, tanyakan saja kamu ingin ke "Tegal Panjang". Dan hati-hati jika ada orang menawari untuk mengisi dokumen untuk menuju Kawah Papandayan, karena kalian tidak akan melewati Kawah Papandayan, kalian justru dimintai uang.

Nah jika sudah mencapai lokasi Pos Parkir, kalian harus berjalan kaki dan membawa perbekalan selama kurang lebih 4 Jam perjalanan jika memang sudah terbiasa berjalan mendaki gunung. Bagi orang baru atau terbilang awam mendaki gunung mungkin bisa mencapai 6 Jam perjalanan. Untuk itu kalian harus datang lebih pagi, karena disana akan lebih sering hujan kabut, dan akan mempersulit kalian dalam perjalanan. Jangan takut nyasar, karena akan banyak warga yang berkebun kalian bisa menanyakan jalan sama mereka. Selamat berwisata di tempat wisata Bandung guys.

No comments:

Post a Comment