Featured Post

Bungalow Murah di Dekat Wisata Kawah Puncak Darajat

Ada beberapa tempat menginap di kawasan wisata waterboom dan kolam renang air panas puncak Darajat Garut, setelah sebelumnya Hotel Murah di...

Monday, June 12, 2017

Pesona Garut Surga Wisata Di Bumi Priangan Timur

Pesona Garut Surga Wisata Di Bumi Priangan Timur - Dikenal sebagai salah satu Kota tau Kabupaten yang memiliki banyak obejek wisata, Garut memiliki julukan Swiss Van Java karena di kelilingi banyak gunung yang menulang tinggi dengan berbagai keindahan alam didalamnya. Banyaknya tempat wisata di Garut juga menjadikan Garut  sebagai "GURILAPS" diambil dari bahasa Sunda yang artinya Gemerlap dan merupakan singkatan dari Gunung, Hutan Rimba, dan Laut. Garut memiliki objek wisata yang sangat lengkap mulai dari wisata alami seperti Gnung, Rimba, Laut, Pantai dan Seni Budaya hinga wisata buatan seperti taman rekreasi dan masih banyak yang lainnya seperti oleh-oleh makanan, suvenir dan kerajinan khas dari Garut seperti Dodol, Chocodot, Dorokdok, Jaket Kulit dan lain-lain.
Memiliki begitu banyak tempat wisata Garut menjadi kota tujuan wisata. Pesona dan keindahannya memikat hati setiap insan untuk melihatnnya. Kecantikan alammnya seperti magnet, banya wisatawan yang tertarik dan berkunjung ke kota kecil ini. Berikut ini adalah dafar tempat wisata mempesoana yang ada di Garut:

Pesona Wisata Gunung Di Garut:
Terdapat banyak gunung-gunung tinggi yang mengelili Garut. Hal inilah yang memnyebabkan Garut terlihat seperti kualii besar jika dilihat dari ketinggian di atas gunung. Gunung yang paling populer dikalangan wisatawan dan para pendaki adalah Gunung Paguci yaitu Gunung Papandayan, Gunung Guntur dan Gunung Cikuray. Ketiga unung tersebut sangat populer dan banyak di kunjungi bahkan selalu ramai jika menejlang libur panjang.

1. Gunung Papandayan
Gunung Papandayan merupakan gunung api aktif yang berada di Kecamatan Cisurupan Garut. Gunung Papandayan memiliki ketinggian 2.622 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Papandayan yang mempesona memberikan berjuta kenangan dan keindahan kepada semua pasang mata yang mengaguminya. inilah beberapa hal menarik yang ada di Gunung Papandyab:

  • Kawah Gunung Papandayan - Kawah adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi. Lokasi ini menjadi tujuanutama para wisatawan. Terdapat Beberapa Kawah diantaranya, Kawah Nangklak, Kawah Mas, dan kawah kecil lainnya
  • Death Forrest (Hutan Mati) - Selain kawah lokasiDeath Forrest juga merapakan tempat yang patut dikunjungi di gunung papandayan. Lokasi ini merupakan sebuah wilayah bekas kebakaran pada saat Papandayan meletus beberapa tahun silam. Pohon diwilayah tersebut tidak semuanya hangus terbakar. Ada banyak batang pohon Cantigi sisa kebakaran terlihat hitam gosong tak berdaun masih tegak berdiri, Mungkin karena hal inilah kenapa tempat ini dinamai Death Forrest atau Hutan Mati karena memang pohonnya sudah mati.
  • Pondok Saladah Gunung Papandayan - Tempat lain adalah Pondok Salada, sebuah tempat yang cukup datar dan luas serta banyak ditumbuhi Bunga Edelweis. Bagi para pendaki gunung Pondok Salada merupakan paling favorit dan paling mudah diingat kerena tempat ini terdapat beberapa sumber air sehingga dijadikan sebagai Camping Ground dan Hampir semua pendaki Gunung Papandayan mendirikan tenda disini.
  • Tegal Alun Gunung Papandayan - Tempat selanjutnya adalah Tegal Alun. Lokasi ini merupakan sebuah tempat yang banyak ditumbuhi Bunga Edelweis. dan merupakan padang edelwis terluas di Jawa Barat. Luas Tegal Alun Papandayan kurang lebih 32 ha hektare, 
  • Tegal Panjang Gunung Papandayan - Tempat selanjutnya adalah Tegal Panjang yang merupakan sebuah tempat yang ditumbuhi ilalang sehinga mirip padang savana. Kerana cukup jauh kebanyakan pendaki lebih memilih mendaki dari arah Pengalengan untuk menuju Tegal Panjang.
2. Gunung Guntur
Gunung Guntur merupakan segunung yang berada di antara kecamatan Tarogong Kaler, dan Kecamatan Samarang dan terletak di Kampung dukuh Desa Pananjunag dan Cipanas. Gunung Guntur meiliki ketinggian sekitar 2.249 meter diatas permukaan laut. Gunung Guntur memiliki kawasan hutan yang beragam yaitu hutan Dipterokap Bukit,hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Gunung ini juga banyak di kunjungi dikunjungi para wisatawan dan pendaki. Salah satu tempat yang menarik di Gunung Guntur adalah Curg Citiis. Curug ini termasuk salah  satu obejek wisata alam yang terletak di bawah kaki Gunung Guntur yang sering dikunjungi pengunjung dari kota Garut maupaun dari luar kota Garut seperti hari sabtu dan minggu.

3. Gunung Cikuray
Gunung Cikuray merupakan Gunung terbesar ke empat di Pulau Jawa yang berada di Kabupaten Garut Jawa Barat.Gunung terbesar di Garut ini mempunyai ketinggiana sekitar 2.821 meter diatas permukaan laut. Tidak kalah dengan gunung papandayan, Cikuray juga memiliki tempat tempat menarik untuk dikunjungi daintaranya:
  • Curug Cihannyawar - Curug ini merupakan air terjun yang berada di bawah kaki Gunung Cikuray atau tepatnya di Desa Sukamumi Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut. Pemandangan kebun teh yang menghijau menyambut disepanjang jalan menuju curug menjadi sambutan indah. Sejauh mata memandang hamparan teh hijau ditambah dengan udara pegunungan yang cukup sejuk menyertai di setiap langkah kaki.
  • Curug Cigandi - Curug ini juga merupakan air terjun yang berada di kaki Gunung Cikuray. Curug ini berada di Kecamatan Bayongbong tepatnya 3 kilometer di atas Kampung Ciseupan. Curug Cigandi mempunyai ketinggian kurang lebih 20 meter.. Air yang mengalir deras dari atas sangat jernih karena bersumber dari mata air Gunung Cikuray.
  • Puncak Gunung Cikuray - Dilokasi ini kita bisa melihat dengan jelas keindahan Garut dari ketinggian. Puncak gunung Cikuray merupak spot terbaik untuk menikmati keindahan sunrise.
4. Tegal Munding Buffalo Hill - Tegal Munding merupakan sebuah tegal yang cukup luas yang berada di ketinggian 1000 mdpl. Tegal Munding termasuk kawasan Cagar Alam Gunung Papanadayan. Secara Administratif kawasan Tagal Munding berada di diantara tiga kecamatan yaitu Kecamatan Cisurupan, Kecamatan Bayongbong dan Kecamatan Sukaresmi. Tegal Munding masuk kedalam kawasan Gunung Puntang, sebuah gunung yang bersebelahan dengan Gunung Papandayan. Sebagian Kawasan Tegal Munding merupakan padang rumput hijau yang terhampar tumbuh menutupi seluruh kawasan dan di kelilingi banyak pohon besar yang tumbuh mengelilingi pinggir kawasan.

5. Karacak Valley - Secara administratif terletak di Kecamatan Garut Kota, yang merupakan objek wisata alam satu-satunya yang ada dikecamatan tersebut dan berada di Kelurahan (Desa) Margawati. Karacak Valley ditemukan oleh warga masyarakat setempat dalam hal ini petani kopi, yang awal mulanya hanya sebatas menaman kopi saja yang mencapai 9 hektar luasnya. Penataan perkebunan yang rapih dan bersih serta di kelilingi oleh lebatnya hutan pinus, udaranya yang segar, di ketinggiaan membentang pemandangan kota yang bisa kita nikmati.


Pesona Objek Wisata Hutan Di Garut
Pesona Garut lainnya selain banyak dikelilingi gunung, Garut juag mempunyai objek wisata hutan yaitu:
  • Leuweung Sancang - Sancang ini memiliki macam ekosistem yang cukup lengkap terutama untuk Anda yang merupakan pegiat flora dan fauna. Selama perjalanan dari tempat berkemah  akan terlihat muara dan sekitar tiga sungai yang memotong hutan dataran rendah serta pasir putih yang lembut.  Leuweung yang berarti hutan dalam Bahasa Sunda ini, dan Sancang yang mengingatkan dengan kisah Prabu Siliwangi. Leuweung Sancang yang memang erat kaitannya dengan mitos suku sunda ini, sempat memberikan wajah seram di muka para awam. Wilayah ini memang masih perawan, bak tak ada orang yang ingin menjamahnya karena mitos dengan cerita hewan-hewan buasnya. Memasuki abad 21 ini, Sancang sudah mulai ramah namun tetap terjaga keeksotikannya sebagai keajaiban alam Indonesia. Di sini kita dapat berkemah di daerah Cijeruk dan melakukan petualangan ke daerah Sancang dengan berjalan kaki menyebrangi muara dan melintasi bibir pantai yang terbentang panjang dengan pantai pasir putih yang kadang memantulkan warna pink atau jingga saat air laut surut.
Pesona Keindahan  Wisata Laut Di Garut

Garut juga memiliki beberpa wisata laut yang mempesona yang berada di Garut Selatan .Garut selatan memang mempunyai magnet dan daya tarik yang sangat kuat sehingga banyak orang yang datang, lagi, lagi dan lagi. Tidak dapat dipungkiri keindahan dan panorama alam serta pemandangan pantai yang indah membuat tempat banyak dikunjungi wisatawan. Apa lagi  serunya mengarungi jalan yang berkelok-kelok mengular sepanjang jalan menuju Pantai Selatan, perkebunan, sawah, gunung dan perkampungan menjadi pemandangan dan teman setia selama di perjalanan. Pemandangan air terjun dan perkebunan teh Neglasari menjadi obat pelepas lelah yang begitu memanjakan mata.

Pantai Selatan Garut memang tidak semasyur pantai-pantai lain yang ada di Indonesia apa lagi jika dibandingkan dengan Pantai Kuta Bali yang sudah sangat terkenal, tetapi keheningan dan keindahan panorama di Pantai Selatan Garut  memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan jika di bandingkan dengan Pantai Pangandaran di Ciamis atau Pelabuhan Ratu di Banten, pantai pantai di Garut selatan masih lenggang. Belum begitu banyak memang orang yang mengenal Pantai Selatan Garut sebagai tujuan wisata, baik Jawa Barat, Nasional maupun Internasional. Tapi bagi masyarakat Garut, pantai selatan adalah primadona dan termasuk tempat wisata yang menjadi langganan yang paling sering dikunjungi  pada saat libur panjang dan libur hari raya.

Pantai yang paling sering dan paling banyak di kunjungi sekaligus pantai yang paling terkenal diantara pantai-pantai yang lain adalah Pantai Sayang Heulang, Pantai Santolo dan Pantai Rancabuaya. Selain pantai-pantai tersebut, di kawasan Pantai Selatan Garut terdapat beberapa pantai yang tidak kalah indah dan menarik seperti: Pantai Karang Papak, Pantai Gunung Geder, Pantai Taman Manalusu, Karang Tepas atau Pantai Sodong Parat, Karang Sebrotan, , Pantai Cicalobak, Puncak Guha, Pantai Cijeruk Indah, Karang Paranje dan yang terakhir Pantai Cidora.

Kemudian ada salah satu tempat yang menarik disekitar kawasan Pantai Sayang Heulang yaitu Pesona dibalik Bukit Teletubies. Berjalan menyusuri wilayah Pantai Sayang Heulang ini mungkin akan menjadi hal menarik untuk wisata Anda, karena saat Anda menyusurinya, Anda mungkin akan dipertemukan dengan banyak tempat yang menjadi tempat idola untuk berlibur, salah satunya adalah Bukit Teletubies Garut. Saat Anda masuk ke depan pantai sayang heulang, lalu anda berjalan ke sebelah kiri tepat beberapa kilo dari sana Anda akan menemukan tempat dengan pemandangan yang cukup menawan. Pemandangan seperti layaknya Anda berada di tengah - tengah laut dengan dikelilingi pantai ketika Anda melihat ke tibur, barat, utara dan juga selatan. Banyaknya pepohonan kelapa menjadikan pemandangan saat Anda melihatnya lebih indah dann juga menawan.

Untuk melihat keterangan lebih lanjut mengenai objek wisata tersebut bisa dicek pada plostingan blog ltersebut: Kepingan Surga Pantai Selatan Garut

Pesona Wisata Situ Atau Danau Di Garut
Pesona wisata lainnya yang ada di Garut adalah situ. Ada beberapa situ yang ada di Garut yaitu Situ Bagendit, Situ Cangkuang dan Situ Cibeureum
  • Situ Bagendit - Situ ini merupakan sebuah situ atau danau yang terletak di Kecamatan Banyuresmi. Di tempat wisata ini terdapat sebuah legenda tentang asal mula Danau Situ Bagendit. Legenda itu juga yang menjadi salah satu hal yang menarik perhatian pengunjung. Situ Bagendit memiliki pemandangan yang undah yaitu air danau yang jernih serta terdapat rakit, perahu dan sepeda air yang disewakan untuk keperluan pengunjung.
  • Situ Cangkuang - Situ ini terletak di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Berada di sebuah kawasan perbukitan kecil yang memiliki ketinggian 695-706 meter dpl serta berdiri di lembah seluas 16,5 ha yang berhawa sejuk. Situ yang di kelilingi gugusan gunung di empat penjuru mata anginnya seperti Gunung Mandalawangi, Gunung Kaledong, Gunung Halimun, Gunung Batara Guru, Gunung Guntur dan Gunung Cikuray menjadikan situ Cangkuang sebagai pemikat alam yang menawarkan keindahan yang luar biasa.
  • Situ Cibeureum - Situ ini memang kalah populer jika dibandingkan dengan objek wisata lain seperi Curug Cihanyawar di Gunung Cikuray ataupun Kawah Papandayan di Gunung Papandayan. Namun meskipun demikian Situ Ciberem merupaka salah satu objek wisata Garut yang wijib kita kunjungi jika berwisata ke Garut. Situ Cibeuerem tidak terlalu banyak dikunjungi wisatawan karena lokasinya memang tersembunyi dibalik hutan Pohon Pinus. Kebanyakan yang datang pada hari libur terutama pada libur panjang. Ada beberapa tempat yang dijadikan obyek wisata dikaasan ini yaitu Camping Ground, Trek Downhill Mountain Bike, dan Pemandangan Alamnya yang asri. Akses transportasi dan akomodasi cukup mudah. Selain hanya berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Garut, di sepanjang jalan mulai memasuki kawasan Tarogong Kaler sampai kota Kecamatan Samarang bahkan menuju lokasi, banyak terdapat hotel, penginapan, dan restoran. Sarana angkutan umum pun tersedia.
Pesona Objek Wisata Budaya Dan Religi Di Garut
Selain terkenal dengan keindahan wisata alammya Garut juga memiliki objek wisata buday dan religi
  • Kampung Pulo - Kampung ini merupakan kampung adat ditengah kawasan Situ Cangkunag. Menurut cerita rakyat, masyarakat Kampung Pulo dulunya beragama Hindhu, lauli Embah Dalem Muhammad singgah di daerah ini karena ia terpaksa mundur karema mengalami kekalahan pada penyerangan terhadap Belanda. Karena kekalahan ini Embah Dalem Arif Muhammad tidak mau kembali ke Mataram karena malu dan takut pada Sultan agung. Beliau mulai menyebarkan agama Islam pada masyarakat kampong Pulo. Embah Dalem Arif Muhammad beserta kawan-kawannya menetap di daerah Cangkuang yaitu Kampung Pulo. Sampai beliau wafat dan dimakamkan di kampumg Pulo. Beliau meninggalkan 6 orang anak Wanita dan satu orang pria. Oleh karena itu, dikampung pulo terdapat 6 buah rumah adat yang berjejer saling berhadapan masing- masing 3 buah rumah dikiri dan dikanan ditambah dengan sebuah mesjid. Jumlah dari rumah tersebut tidak boleh ditambah atau dikurangi serta yang berdiam di rumah tersebut tidak boleh lebih dari 6 kepala keluarga. Jika seorang anak sudah dewasa kemudian menikah maka paling lambat 2 minggu setelah itu harus meninggalkan rumah dan harus keluar dari lingkungan keenam rumah tersebut. Walaupun 100 % masyarakat kampong Pulo beragama Islam tetapi mereka juga tetap melaksanakan sebagian upacara ritual hindhu. 
  • Candi Cangkuang - candi Candi Cangkuang adalah sebuah candi Hindu yang terdapat di Kampung Pulo, wilayah Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut, Jawa Barat.[1] Candi inilah juga yang pertama kali ditemukan di Tatar Sunda serta merupakan satu-satunya candi Hindu di Tatar Sunda. Candi ini terletak bersebelahan dengan makam Embah Dalem Arief Muhammad, sebuah makam kuno pemuka agama Islam yang dipercaya sebagai leluhur penduduk Desa Cangkuang.
  • Kampung Dukuh - Konsep Pemukiman Kampung Adat Kampung Dukuh kecamatan Cikelet Pameungpeuk Garut dibamgun seseuai dengan adat tradisi leluhur kasundaan atau Kabuyutan Sunda yang terdiri dari 40 susuhunan Rumah. Sementara itu, keunikannya berupa keseragaman struktur dan bentuk arsitektur bangunan pemukiman msyarakat, hanya terdiri puluhan rumah yang tersusun pada kemiringan tanah bertingkat, namun setiap tingkatan terdapat deretan rumah membujur dari barat ke timur. Menurut cerita nama dukuh diambil dari bahasa Sunda yang berarti tukuh (kukuh, patuh, teguh), dalam mempertahankan apa yang yang menjadi miliknya, atau taat dan sangat patuh menjalankan tradisi warisan nenek moyangnya. Menurut penuturan, Juru Kunci (Kuncen) Kampung Dukuh istilah dukuh berasal dari padukuhan atau dukuh = calik = duduk. Jadi padukuhan sama dengan pacalikan atau tempat bermukim.Kampung adat ini terletak di antara tiga gunung, yakni Gunung Batu Cupak, Gunung Dukuh, dan Gunung Batu. Kampung Adat Dukuh Dalam namanya. Sebuah kampung adat yang masih memegang teguh adat istiadat para leluhur mereka.
  • Makam Godog - Sebuah makam di Kabupaten Garut yang dijadkan tenpat wisata dan banyak dikunjungi oleh para pengunjung. Makam tersebut adalah Makam Godog, Terletak di Desa Lebak Agung Kecamatan Karangpawitan. Makam Godog yang disebut-sebut sebagai makam Prabu Kiansantang ini kerap di kunjungi para peziarah dari bebrapa daerah termasuk peziarah
  • Makam Eyang Papak - Papak merupakan makam pengeran papak yang hidup dipertengahan abad ke-19 Masehi dikenal dengan julukan Sunan Papak. Mempunyai seorang arti yang berbudi pekerti luhur dan tak pernah membeda-bedakan harkat manusia (Papak berarti : rata, sama-indonesia). Anjuran kepada masyarakat agar hati selalu tentram. Dalam Bahasa Sunda beliau memberi nasihat Ulah milu kabingung, miara kasusah, sangkan aya dina kagumbiraan manah yang berarti Jangan bingung dan miara kasusah agar hati selalu tetap gembira. Makam Eyang Papak atau bernama asli Raden Wangsa Muhamad adalah merupakan kyai yang cukup terkenal di Tatar Sunda. Makam Eyang Papak sendiri berada di Desa Cinunuk Kecamatan Wanaraja Garut.
  • Makam Sunan Cipancar Limbangan - Selain terkenal dengan Makanan Oleh-Oleh Khas Garut, Garut juga terkenal dangan Tempat Wisata Populer dan Terbaik di Garut baik tempat wisatanya, pegunungannya ataupun tempat ziarah yang memang cukup terkenal di kalangan masyarakat, khususnya masyarakat Sunda. Satu lagi tempat ziarah yang memang cukup terkenal di masyarakat Garut adalah Makam Sunan Cipancar atau yang bernama asli Liman Senjaya Kusumah.
  • Situs Ciburuy Bayongbong Satu lagi yang termasuk kedalam daftar tempat wisata ziarah di Garut yang banyak dikunjungi para peziarah adalah berupa situs yang merupakan tempat peninggalan barang-barang pusaka yang cukup ternama. Diantarra barang-barang pusakanya adalah : keris, bande (lonceng yang terbuat dari bahan perunggu), Kujang (senjata Prabu Siliwangi), trisula, tombak, dan tulisan-tulisan kuno yang terbuat dari daun lontar dan nipah yang ditulis oleh Prabu Kian Santang sendiri.
  • Mesjid Agung Garut - Berbicara tentang Mesjid Agung Garut, Seperti konsep yang telah banyak diterapkan di mayoritas kota-kota di Indonesia, dimana pusat kota biasa terdiri dari alun-alun, masjid, penjara, pusat pemerintahan, dll, pemerintah Garut zaman dulu pun itu pun menerapkan hal yang sama pada kota Garut ini.   Hal itu membuat saya lebih semangat mengetahui lebih banyak tentang sejarah Garut. Dan uniknya, bila dilihat dari sisi sejarah, Masjid Agung Garut ini termasuk salah satu masjid tertua di bumi Priangan
Pesona Objek Wisata Curug Atau Air Terjun Di Garut
  • Curug Nyogong - Curug dengan debit air yang deras dan suasana lingkungan yang alami ini terletak di desa Makarwangi, kecamatan Cihurip, Garut Selatan. Untuk menuju ke spot di dekat terjunan air, traveler harus menembus hutan dan mendaki perbukitan terjal. Namun pemandangan keren seperti di foto tersebut bakal menjadi suguhan yang sepadan.
  • Curug Sanghyang Taraje - Curug yang paling fenomenal di Garut adalah Curug Sanghyang Taraje. Curug ini menyimpan cerita legenda yang tersohor dimana warga mempercayai bahwa curug ini adalah lokasi Sangkuriang mengambilkan bintang untuk Dayang Sumbi sekaligus tempat penyimpanan harta karun Sangkuriang. Wajah curug Sanghyang Taraje sudah pernah menghiasi layar kaca dalam program traveling bertajuk Para Petualang Cantik yang disiarkan oleh salah satu televisi swasta negeri ini. Penasaran dengan lokasinya? Curug Sanghyang Taraje berada di desa Kombongan, kecamatan Pakenjeng.
  • Curug Arjuna - Curug Arjuna adalah salah satu curug keren yang dimiliki kabupaten Garut. Curug ini berada di wilayah administrasi kecamatan Pamulihan, Garut Selatan. Namanya unik karena diambil dari nama salah satu tokoh pewayangan Pandawa yaitu Arjuna. Arjuna adalah salah satu anggota Pandawa yang jago memanah dengan wajah yang tampan. Mungkinkah pemberian nama Arjuna pada curug ini merujuk pada lanskap alamnya yang tampan seperti Arjuna?
  • Curug Cibuni Racun, - Nama curug berikutnya cukup membuat traveler mengerenyitkan dahi lantaran terdengar mengerikan. Inilah Curug Cibuni Racun atau Cimandi Racun di desa Jangkurang, kecamatan Leles, kabupaten Garut. Tenang meski punya nama racun tapi airnya tidak beracun kog. Air yang ada di curug ini berasal dari mata air Cimalagiri di Gunung Mandalawangi. Nama Cibuni Racun sendiri berasal dari cerita legenda dimana di curug ini pernah ada putri cantik jelita yang diracun hingga meninggal.
  • Curug Mala - Jumlah air terjun di Garut akan bertambah seiring dengan datangnya musim hujan. Hal ini disebabkan air terjun musiman akan mulai dialiri air pada musim ini. Salah satu yang wajib dikunjungi adalah Curug Mala di kecamatan Cisewu, Garut Selatan. Curug Mala mempunyai karakter berundak-undak dengan ukuran yang tidak terlalu tinggi. Debit airnya akan melimpah pada musim hujan seperti ini sehingga menambah kecantikan sekitar curug. Jangan lupa membawa pulang sampahmu saat berkunjung ke curug Mala.
  • Curug Ngaleng - Curug Sanghyang Taraje ternyata mempunyai kembaran yaitu Curug Ngaleng di kecamatan Cisompet, Garut Selatan. Meski demikian ukuran Curug Ngaleng lebih pendek dan kawasan sekitarnya tidak seluas Sanghyang Taraje. Untuk menuju ke lokasi traveler diharapkan untuk berhati-hati sebab rute yang dilalui mengharuskan traveler untuk menyusuri aliran sungai dengan cara melawan arus. Tidak disarankan datang ke lokasi saat sedang hujan lebat sebab sewaktu-waktu air bisa meluap dan banyak guguran batu dari atas tebing.
  • Curug Cikanay - Curug satu ini dikepung oleh tebing-tebing tinggi dengan suasana yang sangat asri dan alami. jadi jika kamu mencari tempat melarikan diri untuk meluapkan emosi datang saja ke curug ini dan berteriak sekeras mungkin. Curug Cikanay memang bukanlah destinasi wisata komersil. Hanya para traveler yang hobi bertualang saja yang sudi datang mengunjungi si cantik dari kecamatan Cisewu, Garut Selatan ini. Meski debit airnya tidak terlalu deras tapi pemandangan sekitarnya tetap mempesona.
  • Curug Cihanyawar - Curug Cihanyawar layak untuk traveler sambangi jika mau mencari keindahan alam yang kealamiannya masih terjaga. Curug ini berada di kecamatan Talegong, Garut Selatan dan belum banyak traveler yang tahu keberadaannya. Dari informasi yang di dapat Travelingyuk dari Garut Pakidulan, di sebelah kanan air terjun ini terdapat gua yang cukup besar. Namun belum ada satupun petualang yang mengekplorasi gua tersebut dan membuktikan apakah benar-benar gua atau hanya lubang besar akibat longsoran batu.
  • Curug Cibitung - Curug Cibitung yang secara administratif terletak di kecamatan Cikelet, Garut Selatan ini menjadi salah satu air terjun yang unik. Sebab di sekitar terjunan air terdapat formasi batuan cadas yang memecah aliran air dari curug yang ada di atasnya. Bebatuan di sekitar air terjun ini ternyata cukup licin untuk dijadikan pijakan sehingga traveler harus ekstra hati-hati jika mau mendekat ke terjunan air. Curug Cibitung terbagi menjadi beberapa tingkat, yang ada di dalam foto di atas adalah bagian yang paling atas.
  • Curug Salawe - Ingin air terjun yang jarang dijamah traveler? Datang saja ke kampung Cipongpok, desa Pengrumasan, kecamatan Peundeuy dan temukan Curug Salawe. Salawe dalam bahasa Indonesia berarti dua puluh lima yang merujuk pada jumlah air terjun yang berada di aliran yang sama dengan Curug Salawe ini. Curug Salawe adalah air terjun yang letaknya paling atas dan masih ada 24 curug lagi di bawahnya dengan ketinggian bervariasi. Curug Salawe leih tinggi ketimbang Curug Sanghyang Taraje. Belum ada pengukuran resmi tapi warga banyak yang menyebut ketinggian curug ini lebih dari 100 meter.
  • Curug Koncrang - Curug Koncrang adalah sumber mata air warga di kampung Pencut, desa Pangrumasan, kecamatan Peundeuy, Garut Selatan. Jadi jangan heran jika di lokasi kamu akan menemukan banyak selang-selang warga yang membawa air dari sumber ini menuju ke pemukiman penduduk. Curug Koncrang mempunyai tiga tingkatan sedangkan foto di atas diambil dari tingkat paling bawah. Fungsinya yang sebagai sumber mata air warga, membuat pengunjung yang datang harus ekstra menjaga kebersihan. Begitu pun saat berkunjung ke curug-curug lainnya.
  • Curug Ermat - Curug Ermat terletak di kampung Saparantu, desa Pangrumasan, kecamatan Peundeuy yang berarti satu kawasan dengan Curug Eule dan bisa traveler sambangi dalam satu waktu. Rute yang diambil juga sama kalau mau ke Curug Eule, setelah sampai di desa Pangrumasan tinggal tanya warga sekitar. Curug Ermat memiliki suasana yang juga masih alami dan sepi. Tanaman yang tumbuh subur di sekitar air terjun menjadi bukti bahwa tidak banyak manusia yang menjamahi kawasan tersebut. Hanya saja kalau mau ke sana perhatikan kondisi cuaca sebab traveler harus menyeberang sungai Cironggeng dengan tebing yang kadang-kadang menjatuhkan kerikil kecil dari atas.
  • Curug Eule - Curug Eule termasuk dalam daftar air terjun yang tidak banyak diketahui traveler jadi suasana alami akan menjadi suguhan utama di tempat ini. Letak curug ini berada di kampung Saparantu, desa Pangrumasan, kecamatan Peundeuy, Garut Selatan. Curug Eule dibagi menjadi dua tingkat dengan terjunan berbentuk seperti air mengalir menuruni dinding tebing. Dinding tebing ini punya kemiringan sekitar 75 derajat. Untuk sampai ke lokasi traveler harus mengambil rute dari jalan raya Garut Kota-Pameungpeuk menuju ke kecamatan Banjarwangi, Singajaya, Peundeuy. Barulah kemudian lanjutkan perjalanan menuju ke desa Pangrumasan.
  • Air Terjun Ngaleng - Air terjun terbentuk di daerah pegunungan atau di dataran tinggi yang mempunyai aliran sungai dengan kondisi topografi curam penuh dengan patahan. Tak heran jika kebanyakan air terjun di Garut ditemukan di kawasan Garut Selatan yang mempunyai topografi yang sesuai seperti penjelasan di atas. Salah satu air terjun yang tersembunyi di pedalaman Garut adalah Air Terjun Ngaleng. Bisa dipastikan jika tidak banyak traveler yang mengetahui keberadaan air terjun ini bahkan warga asli Garut sekalipun. Penampakan indah Air Terjun Ngaleng bisa traveler jumpai di kecamatan Cisompet, Garut Selatan. Info lengkap silahkan hubungi pemilik foto di link sumber foto di atas.
  • Curug Orok - Masih ada di Garut Selatan, kita akan mengeksplorasi Curug Orok sebuah air terjun keren yang punya kisah pilu di masa lalu. Kisah pilu tersebut terkait dengan pemberian nama curug ini, dimana pada zaman dahulu diceritakan ada seorang ibu yang membuang bayinya dari puncak air terjun. - Air terjun yang tinggi menggambarkan ibu bayi sedangkan air terjun yang lebih pendek menggambarkan bayi yang dibuang. Dari sana kemudian air terjun ini diberi nama Curug Orok (air terjun bayi). Curug cantik ini bisa traveler jumpai di desa Cikandang, kecamatan Cikajang, Garut Selatan.
  • Curug Luhur - Jika selama ini yang traveler kenal adalah Curug Luhur yang ada di Bandung dan Bogor maka kali ini Travelingyuk kenalkan Curug Luhur kepunyaan kabupaten Garut. Keindahan Curug Luhur di kecamatan Talegong, Garut Selatan ini tidak kalah dibanding yang lainnya. Curug Luhur Garut tidak terlalu tinggi tapi punya debit air yang lumayan melimpah. Di bawah terjunan air terdapat kolam alami dengan air berwarna kehijauan. Tempat ini masih cukup tersembunyi dengan indikasi belum ada artikel yang mengulas tentang keberadaannya. Satu-satunya informasi yang bisa traveler temukan hanya di instagram milik Garut Pakidulan.
  • Curug Cibadak Curug Cibadak adalah satu dari segelintir air terjun di Garut dengan akses yang mudah untuk dilalui. Tapi kamu tidak perlu khawatir dengan suasana di lokasi. Tidak seperti air terjun lain yang punya akses mudah kemudian banyak dikunjungi traveler yang bikin sumpek.Curug Cibadak meski lokasinya mudah ditemukan dan dijangkau tapi tidak banyak yang menyadari keberadaannya. Curug ini terletak di kecamatan Cihurip, Garut Selatan. Menurut informasi dari Garut Pakidulan, lokasi curug ini berada tidak jauh dari jalan raya.
Pesona Objek Wisata Pemandian Air Panas Di Garut
  • Cipanas - Kawasan Cipanas bisa dikatakan lokasi pemandian air panas di Garut yang paling populer. Lokasinya paling dekat, dan mudah banget buat dijangkau pengunjung. Kawasan Cipanas berjarak cuman 7 KM dari pusat kota (alun-alun) Garut. Kalau dari Bandung, jaraknya hanya sekitar 60 KM saja. Kawasan Cipanas Garut berada tepat di kaki gunung Guntur, salah satu gunung berapi muda yang ada di kota ini. Viewnya keren lho.. secara gunung guntur yang ada tepat didepan mata ini bentukannya unik, tidak ada pohon-pohon besar sampai ke puncaknya. Kampung Sumber Alam. Resort ini menyediakan berbagai bungalow, kolam renang air panas, ataupun kolam rendam untuk pengunjung. Keren lho tempatnya.Sabda Alam. Disini juga terdapat kamar rendam, bungalow untuk menginap, kolam renang air panas, dan juga water boom. Cocok untuk anda yang bawa keluarga. Tirta Gangga, Surya Alam, Cipanas Indah, Danau Dariza, dan lain-lain.
  • Kawasan Darajat Garut sekarang juga menjadi salah satu destinasi liburan yang cukup terkenal di Garut. Lokasinya kurang lebih 25 KM dari pusat kota, dan berada di ketinggian dengan pemandangan lepas ke lembahan dibawahnya. puncak darajat garut ,Disini juga terdapat banyak tempat pemandian air panas alami. Sumbernya berasal dari kawah darajat yang berada di wilayah kerja PT Chevron. Disini memang terdapat pembangkit listrik tenaga panas bumi yang dikelola oleh PT Chevron.
  • Talaga Bodas - Untuk pemandian air panas di area kawah talaga bodas, tempatnya sederhana dibandingkan dengan dua tempat diatas sebelumnya. Pemandian air panas alami di kawah Talaga Bodas memang lebih dikenal untuk khasiat pengobatannya. pemandian air panas kawah talaga bodas garut Ada dua tempat pemandian air panas di kawah Talaga Bodas Garut; Kolam rendam air panas alami di kawah talaga bodas. Letaknya tepat di pinggir kawah. Tempatnya sederhana, berupa beberapa kolam kecil dengan air panas alami banget. Btw, tempatnya terbuka banget, kurang direkomendasikan buat wanita.. kecuali kalau tetap pakai baju lengkap ya :p Pancuran 7 Talaga Bodas. Letaknya tidak berada dipinggir kawah talaga bodas. Dari tempat parkir, ikuti jalan ke arah kiri. Cukup gampang kok, bisa minta bantuan ojek disana. Tempat ini sederhana dan lebih banyak dikunjungi orang dengan tujuan tertentu ; berobat, dan juga tujuan lain (rada mistis gitu deh).
Pesona Objek Wisata Kawah Digarut

  • Kawah Kamojang - Terkenal dengan panas buminya yang diolah menjadi PLTU, area Kawah Kamojang juga bisa dikunjungi oleh umum. Begitu memasuki area objek wisata Kawah Kamojang bisa terlihat beberapa kolam bergolak dan beruap tebal di sebelah kiri jalan. Di area loket pengunjung harus membeli tiket untuk orang, kendaraan dan asuransi orang. Tiket untuk wisatawan mancanegara jauh lebih mahal (20x lipat) dibandingkan wisatawan lokal. Harga tiket hari biasa dan hari libur pun dibedakan.
  • Kawah Talaga Bodas - Salah satu keindahan alam yang dimiliki kabupaten Garut. Kawah talaga bodas merupakan kawah gunung Talaga Bodas yang membentuk sebuah Talaga (danau) bersulfur jenuh berwarna putih. Kawasan Taman wisata alam Talaga Bodas dikelola oleh BKSDA Jawa Barat.
  • Kawah Darajat - Kawah ini memiliki luas sekitar 40 Ha dan dijadikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang dikelola oleh PT.Amoseas yang bekerjasama dengan PT. Pertamina, dan juga kepemilikan lahan oleh PT. Perhutani. Dikawasan ini sering digunakan tracking oleh para pengunjung yang ingin menikmati sekaligus meneliti kawah yang masih aktif ini. Untuk melakukan aktifitas pengunjung harus meminta izin terlebih dahulu kepada pihak Amoseas. Ini karena kawasan ini merupakan kawasan industri dan juga bahaya akan gas alam. Selain pemandangannya yang alami, alasan lain pengunjung datang ke darajat ini ialah pemandian air panas darajat. Yap selain di pemandian air panas garut yang ada di cipanas tarogong, Darajat juga memiliki pemandian air panas lainnya namanya Darajat Pass Water Park.
Itulah beberpa tempat wisata yang ada di garut yang mempesona. Masih banyak tempat wisata lain yang belum ditulis di artikel ini, namun beberapa tempat wisata diatas adalah tempat wisata yang pailng populer dan menjadi ikonya kota Garut. Inilah alasn mengapa kamu harus liburan ke Kota Garut



No comments:

Post a Comment